Sabtu, 18 April 2015

Model OSI Layer


Model OSI di buat untuk mengatasi berbagai kendala Internetworking akibat perbedaan arsitektur dan protokol jaringan. Dahulu, komunikasi antarkomputer dari vendor yang berbeda sangat sulit dilakukan. Masing-masing vendor menggunakan protokol dan format data yang berbeda-beda. Sehingga International Organization for Standardization (ISO) membuat suatu arsitektur komunikasi yang di kenal sebagai Open System Interconection (OSI) model yang mendefinisikan standar untuk menghubungkan komputer-komputer dari vendor yang berbeda. 
Fungsi-fungsi dari layer atau lapisan OSI/ISO :
1.      Aplication layer.
Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah :
-          FTP (File Transfer Protokol)
Sebuah protokol internet yang berjalan di dalam layer aplikasi,merupakan standar untuk mentransfer  file komputer antar mesin dalam sebuat jaringan internet.
-          HTTP (Hyper Text Transfer Protocol )
Protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dan web dalam sebuah web browser.Selain itu juga merupakan protokol  yang meminta dan menjawab (berinteraksi) antar klien dan server.
-          NFS (Network File system)

Jaringan protokol yang memungkinkan pengguna di klien komputer untuk mengakses file melalui jaringan dengan cara yang sama dengan bagaimana penyimpanan lokal yang diaksesnya...untuk selanjutnya silahkan buka link berikut ini http://www.mediafire.com/view/6l2j55p0l5dtb4d/Rizky_Fajar_Adi_Saputra_(4IC04)_2.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar